PEMPEK PALEMBANG

PEMPEK PALEMBANG




Awal kemunculannya, pempek dibuat dari Ikan Belida, karena ikan inilah yang paling banyak tersedia pada masa kemunculan pempek ini, namun lambat laun, ikan Belida kian langka dan harganya melambung tinggi, dan sejak saat itu, ikan laut lebih banyak dipakai utnuk membuat pempek, karena memiliki rasa yang lebih kuat seperti ikan tenggiri. Dan sejak saat itu, ikan tenggiri adalah ikan yang populer digunakan sebagai bahan dasar pembuat pempek sampai sekarang.


Bahan Pempek :
1. 15 gram Tepung Terigu
2. 150 ml Air
3. 2 siung Bawang Putih
4. 200 gram Fillet Ikan Tenggiri, cincang
5. Garam, gula, dan penyedap secukupnya
6. 200 gram Tepung Sagu 
7. Minyak secukupnya

Bahan Isi :
1. 12 btr Telur PUyuh 

Bahan Cuko :
1. 500 gram Gula Merah 
2. 1500 ml Air
3. 100 gram Asam Jawa
4. 5 siung Bawang Putih
5. Garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
1. 75 gram Ebi Kering sangrai dan haluskan
2. 3 bh Ketimun, potong dadu
3. 4 bh Cabai Rawit, rebus dan haluskan
4. Mie Basah Kuning

Cara Membuat :
1. Buat adonan dengan merebus tepung terigu, air, dan bawang putih sambil diaduk hingga mengental. Angkat dan biarkan hangat, lalu tuang ke wadah yang telah berisi daging tenggiri cincang, uleni hingga rata. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa, dan tambahkan tepung sagu, uleni hingga kalis.

2. Bentuk adonan dengan mengambil sedikit adonan yang kemudian di pipihkan dan dibentuk seperti mangkuk, isi dengan telur di tengahnya, tutup hingga merekat kuat. Lakukan sampai adonan habis, saat membentuk adonan, didihkan air untuk merebus. Setelah mendidih, masukkan pempek yang sudah dibentuk, maasak hingga matang yang ditandai dengan mengapungnya pempek, lalu angkat dan tiriskan.

3. Panaskan minyak, goreng sampai matang. 

4. Buat Cuko, dengan merebus gula merah dan air hingga larut kemudian saring. Tambahkan bumbu halus, asam jawa dan garam lalu masak hingga matang dan beri irisan cabai rawit untuk menambah rasa pedas. 

5. Sajikan dengan bahan pelengkap yang tersedia

6. Pempek empuk buatan kamu siap dinikmati. 


Video Tutorial :

Sumber : https://www.berrykitchen.com

More Recipes : https://goo.gl/HvjNn2



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
floating